CSR

Corporate Social Responsibility atau Tanggungjawab Sosial Perusahaan adalah komitmen perusahaan kepada lingkungan dengan tujuan memberikan nilai tambah kepada semua pemangku kepentingan termasuk internal perusahaan guna mendukung pertumbuhan perusahaan.

Implemetasi CSR sejalan dengan Misi Perusahaan yang ke-6 yakni Meningkatkan Kepedulian kepada
Masyarakat dan Lingkungan.

Dasar Pelaksanaan:
- UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas
- UU No 25 Tahun 2007 tentang Penamanam Modal

Tujuan implementasi kegiatan CSR adalah:
1. Mewujudkan hubungan yang harmonis antara perusahaan dan masyarakat;
2. Mendukung implementasi praktik bisnis yang transparan dan bertanggung jawab;
3. Membangun citra positif dan menggalang dukungan masyarakat;
4. Menggali dan memberdayakan potensi UMKM melalui penyaluran dana kemitraan;
5. Berpartisipasi pada program pelestarian lingkungan hidup, peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, kehidupan beragama, dan perbaikan sarana umum lainnya

Tripple Botom Lines
Kebijakan CSR di BSM dilakukan melalui pendekatan triple bottom lines yang meliputi:
- Kinerja ekonomi (economic indicators),
- Kinerja lingkungan (environmental indicators),
- Kinerja sosial (social indicators).

Konsep CSR BSM
1. Spiritualitas (Character Building)
2. Nasionalisme (National Contribution)
3. Kesejahteraan (Economic Emprowerment)

Di dalam praktikimplementasi CSR, Bank Syariah Mandiri bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Bangun Sejahtera Mitra Umat. www.bsmu.or.id