Lomba Mewarnai Semarakkan Hari Anak Nasional di Gowa

Lomba Mewarnai Semarakkan Hari Anak Nasional di Gowa

 

GOWA, 23 Juli 2017– Dalam Rangka Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Gowa, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gowa bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM) menggelar acara Lomba Mewarnai Tingkat Play Group (PG)/Taman Kanak-Kanak (TK) se-Kabupaten Gowa.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa yang juga merupakan Bunda PAUD Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan di Baruga Tinggimae, Rumah Jabatan Bupati Gowa, Minggu (23/7) pagi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gowa, Kawaidah Alham menjelaskan, lomba mewarnai ini diikuti sebanyak 120 orang peserta dari 38 Play Group dan Taman Kanak-Kanak dari Kecamatan Somba Opu dan Kecamatan Pallangga.

“Selain lomba mewarnai, Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Gowa juga diisi dengan permainan tradisional dan lapak baca dan dongeng yang serta lomba mewarnai tingkat SD yang terbuka untuk masyarakat umum yang berlangsung di Lapangan Syekh Yusuf Kabupaten Gowa,” tambah Kawaidah.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Hj Mussadiyah Rauf, Kepala Kanwil Bank Syariah Mandiri (BSM), Anton Sukarna, Kepala Area BSM Makassar, Imsak Ramadhan dan Kepala Cabang BSM Gowa, Muhammad Rafik dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Salam.

Bupati Gowa dalam sambutannya mengatakan, melalui Peringatan Hari Anak Nasional tahun ini, orang tua diharapkan dapat mengerti dan memahami hak anak, sesuai dengan Konvensi Genewa yang menetapkan ada 33 hak anak diantaranya, bermain, pendidikan dan kesehatan serta perlindungan.

“Anak-anak membutuhkan wadah untuk berkreasi, dan berkarya, mereka tidak boleh dikekang, kita sebagai orang tua hanya mengarahkan, biarkan mereka menentukan sikapnya untuk selalu menciptakan karya-karya yang bernilai positif,” jelas orang nomor satu di Gowa ini.

Lebih lanjut, Adnan menjelaskan untuk membentuk karakter seorang anak maka Pemerintah Kabupaten Gowa telah meluncurkan Program Iman dan Taqwa Indonesia (Imtaq). “Program ini merupakan pendidikan karakter anak, untuk mampu melatih motorik anak-anak guna melahirkan generasi emas yang akan memperbaiki pembangunan khususnya di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan dan Indonesia pada umumnya,” tegasnya.

Diakhir sambutannya, Bupati Adnan juga berpesan kepada orang tua utamanya kepada para bapak, agar dalam urusan mengurusi anak jangan hanya dibebankan kepada ibunya saja, tapi bapak-bapak juga harus turut andil dalam urusan mengurus anak.

Sementara itu, Kepala Kanwil Bank Syariah Mandiri, Anton Sukarna mengatakan, pihaknya sangat senang dapat turut serta dalam kegiatan ini. “Perlombaan ini bukan untuk mengejar juara tapi bagaimana seorang anak dapat mengeluarkan kreatifitas dan bakat yang ada pada diri mereka sehingga kelak dapat menjadi generasi penerus di masa yang akan datang,” pesan Anton dihadapan ratusan peserta lomba mewarnai.

Masing-masing pemenang pada lomba ini yakni Juara 1 mendapatkan Piala dan Satu Keping Logam Mulia Bersertifikat Antam, Juara 2 mendapatkan Piala dan Tabungan BSM Senilai Rp 200.000,- dan Juara 3 mendapatkan Piala dan Tabungan BSM Senilai Rp 100.000,-.(san/fajaronline.com)



BSM Editor