Definisi

  1. Bank adalah PT Bank Syariah Mandiri.
  2. Aisyah (Asisten Interaktif Mandiri Syariah) adalah layanan informasi kepada nasabah berbasis messaging apps yang dapat diakses nasabah maupun non nasabah melalui telepon seluler untuk mengetahui informasi mengenai produk, layanan, promosi, lokasi ATM & cabang Mandiri Syariah.
  3. Nasabah adalah pihak yang menggunakan jasa Bank dan memiliki rekening pada Bank.
  4. Non Nasabah adalah masyarakat umum selain nasabah Bank yang mengajukan pertanyaan maupun menyampaikan keluhan terkait Mandiri Syariah.
  5. Chatbot adalah mesin yang memberikan layanan komunikasi dua arah antara nasabah maupun non nasabah dengan menggunakan aplikasi percakapan yang telah di tentukan.
  6. Facebook adalah sebuah layanan jejaring social yang dapat menghubungkan orang kepada orang atau institusi lain, dalam hal ini facebook berfungsi menghubungkan nasabah dengan Mandiri Syariah.
  7. Facebook Messenger adalah sebuah layanan yang dikeluarkan facebook yang dapat dimanfaatkan nasabah untuk melakukan percakapan melalui pesan tertulis.
  8. Telegram adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan dan dapat dimanfaatkan nasabah untuk melakukan percakapan melalui pesan tertulis.
  9. LiveChat adalah layanan informasi dua arah antara nasabah maupun non nasabah yang dapat di akses melalui widget yang ada pada website Mandiri Syariah.

 

Syarat Registrasi

1. Asisten Interaktif Mandiri Syariah

  • Untuk dapat menggunakan layanan Aisyah, nasabah maupun non nasabah wajib terlebih dahulu mengunduh messaging apps yaitu Telegram dan Facebook Messenger dari app store atau playstore serta memastikan telah mengikuti akun resmi Mandiri Syariah yaitu @syariahmandiri dan @MandiriSyariahBot.
  • Nasabah maupun non nasabah wajib memastikan bahwa akun @syariahmandiri dan @MandiriSyariahBot yang diikuti adalah akun resmi yang telah terdaftar dan telah diberi tanda verifikasi khusus pada messaging apps yang di unduh.
  • Setelah mengikuti akun resmi Mandiri Syariah, Nasabah maupun non nasabah dapat memulai percakapan pada layanan Aisyah.

2. Livechat

  • Untuk menggunakan livechat, nasabah maupun non nasabah wajib terlebih dahulu melakukan registrasi melalui widget mandiri chat.
  • Registrasi dilakukan dengan mencantumkan data yang diperlukan seperti nama, alamat email, dan nomor telepon.
  • Setelah melakukan registrasi, nasabah maupun non nasabah dapat memulai sesi percakapan di livechat.

 

Ketentuan Penggunaan Aisyah dan LiveChat

  1. Lingkup pada layanan Aisyah dan livechat adalah penyampaian informasi terkait produk dan layanan dari Mandiri Syariah.
  2. Aisyah dan livechat tidak melayani penyampaian informasi terkait rahasia bank sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan maupun yang terkait dengan data finansial nasabah.
  3. Bank berhak menghentikan layanan Aisyah dan livechat untuk jangka waktu tertentu yang ditentukan oleh Bank untuk keperluan pembaharuan, pemeliharaan atau untuk tujuan lain dengan alasan apapun yang dianggap baik oleh Bank, dan untuk itu Bank tidak berkewajiban mempertanggungjawabkannya kepada siapapun.
  4. Mandiri Syariah berhak mengubah ketentuan-ketentuan terkait Aisyah dan livechat yang akan diberitahukan oleh Mandiri Syariah dalam bentuk dan melalui sarana apa pun yang sesuai ketentuan hukum yang berlaku. 
  5. Untuk menjaga keamanan data nasabah, pengguna dilarang untuk menyampaikan informasi yang bersifat rahasia, seperti User ID, Password, PIN, OTP serta CVV yang terdapat di belakang kartu saat sesi percakapan berlangsung.

 

Force Majeure

Nasabah maupun non nasabah akan membebaskan Mandiri Syariah dari segala tuntutan apapun, dalam hal Bank tidak dapat melaksanakan perintah dari nasabah pengguna baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan Bank termasuk namun tidak terbatas pada segala gangguan virus atau komponen membahayakan yang dapat menggangu layanan aplikasi chatting pada telepon seluler pengguna atau komputer sistem Bank, atau Internet Service Provider, karena bencana alam, perang, huru-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain di luar kekuasaan atau kemampuan Bank.

 

Lain - Lain

  1. Nasabah maupun non nasabah dapat menghubungi mandiri syariah call 14040 atau email contactus@bsm.co.id atas setiap permasalahan terkait dengan penggunaan Aisyah dan livechat.
  2. Nasabah maupun non nasabah tunduk kepada ketentuan-ketentuan yang berlaku pada Bank termasuk tetapi tidak terbatas pada Syarat Umum Pembukaan Rekening, Syarat Khusus Pembukaan Rekening Giro atau Syarat Khusus Pembukaan Rekening Tabungan.