BSM Multi Bank Payment
Deskripsi Produk
- BSM Multi Bank Payment (MBP) adalah sistem pembayaran BSM yang memungkinkan institusi yang memiliki pelanggan yang banyak untuk menerima pembayaran dari pelanggannya melalui mesin ATM.
Karakteristik Layanan MBP
- Layanan pembayaran tagihan oleh nasabah (bank apa saja) institusi melalui menu ‘transfer antar bank’ di ATM (mana saja)
- C2B à Collecting à Many (Anggota/Pelanggan) to One (Institusi)
- Jenis pembayaran : Iuran, pembayaran, tagihan, sumbangan, dsb
- Menggunakan menu ‘pemindahbukuan/transfer antar bank’ di ATM. Nomor rekening tujuan diisi dengan nomor Pelanggan
- Open Payment.
Development Fee :
Institusi tidak dikenakan biaya pengembangan atas kerjasama penggunaan fasilitas MBP
Manfaat:
- Mudah
- Mahasiswa dapat melakukan pembayaran uang pendidikan di lebih dari 50.000 ATM (ATM BSM, ATM Mandiri, ATM Prima dan ATM Bersama).
- Fleksible
- Mahasiswa tidak perlu membuka rekening di BSM.
- Mahasiswa dapat melakukan pembayaran di ATM 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
- Cepat
- Hasil pembayaran uang pendidikan mahasiswa otomatis dikreditkan (real time) ke rekening Institusi Pendidikan.
- Efisien
- Pengelolaan keuangan menjadi lebih efisien dan mudah.
Ketentuan Layanan:
- Pembayar memiliki kartu ATM BSM, atau kartu bank mana saja yang berlogo ATM Bersama atau Prima
- Tagihan Pelanggan dapat dibayarkan oleh Pelanggan atau orang lain dengan syarat Pembayar mengetahui jumlah tagihan, kode institusi dan nomor Pelanggan yang akan dibayar
- Pembayaran dapat dilakukan lebih dari satu kali setiap bulan untuk setiap Pelanggan
- Jenis pembayaran dapat dikelompokkan berdasarkan jenis transaksi mis : pembayaran uang gedung, pembayaran ujian, pembayaran SPP.
- Biaya penggunaan MBP dikenakan setiap kali transaksi, dikenakan kepada Institusi namun bisa juga dibebankan ke pelanggan
- Ada bukti pembayaran yang sah dan diakui oleh bank maupun provider
- Pelanggan dapat melakukan pembayaran tagihan sesuai waktu yang ditentukan oleh institusi.
- Permintaan koreksi atas kesalahan penulisan kode rekening institusi penerima dan nominal, karena kesalahan input dari pelanggan tidak dapat dilakukan kecuali atas persetujuan melalui permintaan tertulis dari pemilik rekening penerima.