Terdepan, Modern. Menenteramkan

Layanan 24 jam

Berita

Sekdaprovsu Tandatangani Kerjasama Dengan BSM

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu), Hasban Ritonga, menerima kunjungan sekaligus menandatangani kerjasama dengan pihak PT Bank Syariah Mandiri dalam hal pembiayaan, khusus untuk aparatur sipil negara (ASN). Hal ini disebutkan, sudah mendapat persetujuan Gubernur Sumut, HT Erry Nuradi, sebelumnya.

Hadir dalam agenda penandatanganan kerjasama tersebut, Kepala Kantor Wilayah Sumatera 1 Bank Syariah Mandiri, Ahmad Zailani beserta jajarannya. Sementara Sekda didampingi Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama Basarin Yunus Tanjung dan Kepala Biro Bina Sosial (Binsos) Muhammad Yusuf.

Adapun paket bantuan pembiayaan yang ditawarkan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut diantaranya untuk biaya umroh dan haji, gadai emas serta bantuan untuk pensiunan. Di mana ketiganya diperuntukkan bagi ASN dengan kemudahan proses serta menggunakan sistem syariah.

“Kita ingin memastikan hal ini apakah sudah sesuai syariah. Kalau sudah, ya silahkan jalan,” ujar Sekdaprov Sumut, Hasban Ritonga, dalam pertemuan tersebut di ruang kerjanya, Selasa (20/6).

Dengan jaminan proses tersebut telah sesuai aturan syariah Islam sesuai nama bank yang bersangkutan, Sekda pun menyetujui menandatangani naskah kerjasama tersebut bersama Kepala Kanwil BSM Sumatera 1 Ahmad Zailani. Apalagi disebutkannya, sudah ada pembicaraan sebelumnya terkait sistem investasi di BSM.

Sementara Basarin Yunus Tanjung menambahkan, penandatanganan tersebut merupakan tindak lanjut dari persetujuan MoU antara BSM dengan Pemprov Sumut yang langsung dilakukan Gubernur Sumut, HT Erry Nuradi. “Sudah dilihat dan disetujui untuk kerjasama antara Pemprov Sumut dengan BSM. MoU juga sudah disetujui Gubernur,” sebutnya.

Kakanwil BSM Sumatera 1 Ahmad Zailani, mengatakan untuk proses pembiayaan seperti gadai emas, sudah lebih mudah dan dengan bunga yang diperbolehkan dalam sistem syariah. Untuk memastikan hal itu, pihaknya juga telah menyiapkan tim yang khusus menangani persoalan hukum ‘suku bunga’ dalam Islam tersebut.

“Begitu juga untuk umroh, kita kerjasama dengan beberapa institusi untuk pelaksanaannya. Sehinggakan lebih mudah, karena semua sudah dilengkapi,” sebutnya yang disusul penandatanganan naskah kerjasama antara PT BSM oleh Ahmad Zailani dengan Pemprov Sumut oleh Hasban Ritonga.(sumber wol/rdn)


Bookmark and Share