Untuk Peradaban Mulia

Layanan 24 jam

Berita

Tabungan Mabrur, Mengantar Kita ke Tanah Suci

Setiap bulan Dzulhijah, jutaan umat Muslim dari berbagai suku, bangsa, dan bahasa yang berbeda berbondong menuju tujuan yang sama. Apalagi kalau bukan Baitullah (Kabah) di Mekkah Almukarramah untuk melaksanakan ibadah haji. Dalam ibadah inti yang dimulai pada 8 Dzulhijah sampai puncaknya 10 Dzulhijah ini, semua jamaah mengucapkan “Labbaik allahumma labbaik”. Ibadah yang dikerjakanpun tidak ada yang berbeda dan semua jamaah dari berbagai strata berkumpul menjadi satu, mengikuti apa yang sudah dicontohkan Rasulullah SAW.

Ibadah haji yang merupakan rukun Islam ke lima ini menjadi ibadah yang sangat spesial. Ia istimewa, karena ibadah ini merupakan napak tilas perjalanan keluarga Nabi Ibrahim Alaihissalam, membutuhkan fisik dan mental yang prima, dan harus disokong dengan kesiapan finansial. Untuk bisa sampai ke rumah Allah ini, membutuhkan biaya yang tidak sedikit, makanya ketentuan ibadah haji, inihanya diwajibkan bagi mereka yang mampu, baik secara fisik maupun finansial.

Kendati demikian, banyak juga calon haji, terutama dari Indonesia yang sudah berusia sepuh atau mayoritas berusia di atas 50 tahun. Alasan yang paling sering terdengar mengapa baru melaksanakan haji di usia tersebut karena”panggilan”.

Alasan lainnya karena kesiapan mental. Banyak yang merasa siap secara mental jika sudah berusia 40 tahun lebih. Selain itu, faktor biaya juga menjadi instrumen penting sehingga banyak yang melaksanakan ibadah haji pada usia yang tidak muda lagi.

Biaya haji memang tidak kecil. Bila diamati dari tahun ke tahun, ternyata biaya haji selalu mengalami kenaikan. Sebelum krisis keuangan pada 1997, biaya naik haji masih di bawah angka Rp10 juta. Setelah krisis moneter menghantam, biaya perjalanan ibadah haji pun melonjak sampai di atas Rp30 juta untuk setiap jamaah.

Untuk mengantisipasi kendala keuangan tersebut, Bank Syariah Mandiri (BSM) menawarkan satu program yang memudahkan masyarakat dalam hal administrasi pendaftaran haji, yakni melalui Tabungan Mabrur.

Tabungan ini khusus dirancang untuk membantu nasabah mempersiapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dengan cara mendaftarkan nasabah langsung ke Kementerian Agama secara online melalui Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat). [Vest/info]


Bookmark and Share